Langsung ke konten utama

Catatan Bersama Ibu Serefina, S.Sos., MPd., M.Ikom.

Landasan Pengembangan kedekatan konsep kretaif dengan Inovatif 

Kedekatan Kreatifitas dan Inovasi

Konsep 4 P
1. Pribadi
2. Press/Dorongan
3. Proses
4. Produk
Pribadi
Menurut Freud,
Pribadi yang kreatif adalah pribadi yang mempunyai mekanisme sublimasi, bukan mekanisme pertahanan, Karena Dalam mekanisme petahanan terdapat upaya  bawah sadar untuk menghindari kesadaran mengenai ide-ide yang tidak menyenangkan.
 
Skema Ciri-ciri Kreatif
 
Pribadi yang Kreatif
1.  Kekuatan energy fisik
2.  Berpikir konvergen & divergen
3.  Disiplin
4.  Imajinasi dan fantasi
5.  Introvert & ekstrovet
6.  Rendah hati & bangga dengan Karya
7.  Melepaskan diri dari stretif, maskulin, feminim
8.  Mandiri & ambil resiko
9.  Passion
10.Terbuka
 
PRESS atau DORONGAN
Press atau Dorongan DI BAGI ATAS 2 YAITU INTERNAL DAN EKSTERNAL
Dorongan Internal :
Dorongan dari dalam yang di dorong oleh diri sendiri untuk mencapai sesuatu
Dorongan Eksternal :
Dorongan dari luar yang di dorong oleh orang lain untuk mencapai sesuatu

PRODUK
Tiga Komponen Creative Performance
 
1. Skill the task Domain
2. Skill in creative thinking
3. Intrinsic task motivation
 
Domain Skill
Merupakan keahlian spesifik dan kecakapan yang  merupakan materi mentah untuk munculnya ide        kreatif
 
Creativity Relevan Skill
Untuk menjadi kreatif diperlukan skill tambahan       yaitu keahlian tertentu yang membantu orang untuk mendekati sesuatu dengan cara baru Merupakan hasil dari sebuah proses kreatif seorang pribadi yang didukung             oleh lingkungan.

Jakarta,6 Februari 2022



Sondang Sibuea, S.Kom., M.Kom.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ACARA ADAT ORANG BATAK

Jakarta, 16 April 2008. Sebelum saya mulai menulis mengenai garis besar acara adat orang batak, saya perkenalkan dulu diri saya, seperti yang sudah saya tulis dalam profil saya. Nama saya Sondang sibuea, saya lahir di Pematang siantar tepatnya tanggal 14 November 1964, (empat puluh tiga tahun yang lampau) ya udah paruh baya. Kita ngelantur dulu sedikit yaa, sebagai pemanasan, baru masuk ke pokok permasalahan. Dulu ketika saya baru lulus SMA, (Saya Lulusan SMA Negeri I Pematang siantar) tahun 1983, saya dan teman-teman mencoba test masuk perguruan tinggi negeri yang dulu namanya masih Printis I, Printis II dan Printis III, yang sekarang namanya SPMB (seleksi penerimaan Mahasiswa baru). Tetapi namanya usaha, sudah belajar mati-matian kata orang siantar, tetap aja saya masih gagal, tetapi teman-teman saya ada juga sih yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri seperti USU, ITB, IPB dll. Saya pikir dari pada saya ngangur dan malu nongkrong di kampung nyusain orang tua, lebih baik gue ikut

Catatan bersama Ibu Serefina Hutabarat, S.Sos., MPd.,M.I.Kom.

Berpikir Kreatif   Darimana Datangnya Kreativitas?  Kemampuan Dahsyat otak tidak memandang apakah anda Genius, Cerdas atau biasa-biasa saja.   Usia dan Kreativitas Gunakan waktu muda anda sebaik mungkin, mengingat kerativitas semakin menurun dengan bertambahnya usia.   Para Ahli    Otak sepakat, bahwa kreativitas yang kita miliki bersumber dari otak kanan. Pada dasarnya belahan otak sebelah kanan adalah berhubungan dengan kerja otak yang bersifat sebagai berikut : Nonverbal, Sintesis, Intuitif, Kausal dan Informal, Konkret, Holistik, Visual, Sintesis, Renggang, Responsif, Riginatif, Motorik   Keseimbangan Otak Kanan & Otak Kiri. Iq saja tidak cukup, harus ada keseimbangan dengan EQ (Emotional Quotients)   Cara Berpikir Otak Kanan & Otak Kiri. Masing-masing dari dua belahan otak bertanggungjawab atas caraberpikir yang berbeda-beda dan mengkhususkan diri pada kemampuan tertentu, walaupun penyilangan memang terjadi.   Otak Kiri: Sadar, Matematika penalaran, Bahasa, Menulis, Membac