Langsung ke konten utama

Catatan Bersama Ibu Serefina, S.Sos., MPd., M.Ikom.

Manajemen & Pemasaran Event

 

Dalam manajemen sering kita kedapati Istilah POAC, Yaitu singakatan dari Planning, Organizing, Actuatingdan Controlling.

 

Event

Suatu kegiatan yang diselengarakan untuk memperingati hal-hal penting sepanjang hidup manusia baik secara individu atau kelompok yang terikat adata, budaya, tradisi dan agama yang diseelnggarakan untuk tujuan tertentu serta melibatkan lingkungan masyarakat yang diselenggarakan pada waktu tertentu.

 

Karakteristik Event

·      Even memiliki karakteristik karena setiap penyelenggaraan event harus memiliki ciri tersendiri. Bagaimanapun karakteristik event hampir sama dengan pelayanan yang diberikan oleh industri pelayanan lainnya.

·      Karakteristik tersebut adalah keunikan, perishability, intangibility, suasana, pelayanan, dan interaksi personal.

 

Keunikan.

·      Kunci sukses sebuah event adalah pengembangan ide, jika organizer dapat merealisasikan ide sesuai dengan harapan, maka event yang diselenggarakan akan memiliki keunikan tersendiri. Karena inti dari penyelenggaraan event adalah harus unik dan biasanya muncul dari ide.

·      Setiap event harus memiliki sesuatu yang berbeda dengan event lain.

·      Event yang pernah diselenggarakan tentunya masih dapat diulangi pada kesempatan lain.

 

Perishability

·      Setiap event yang diselenggarakan tidak akan pernah sama.

·      Dua event yang sama diselenggarakan pada waktu dan tempat yang sama pastinya tidak akan menghasilakn event yang persis sama, Meskipun penetapan standar pelayanan yang digunakan sama, dilakukan oleh penyelenggara yang sama, tetapi tetap saja event yang diselenggarakan akan sangat berbeda hasilnya.

·      Perishability juga berhubungan dengan penggunaanfasilitas untuk penyelenggaraan event. Misalnya fasilitas penyewaan ruang untuk kegiatan seminar pelatihan.

 

Intangibility

·      Setelah menghadiri event, yang tertinggal di benak pengunjung adalah pengalaman yang mereka dapatkan dari penyelenggaraan event. Bagi penyelenggara hal ini merupakan tantangan untuk mngubah pelayanan. Intangible menjadi sesuatu yang berwujud, sehingga sekecil apapun wujud yang digunakan dalam event mampu mengubah persepsi pengunjung.

 

Suasana dan Pelayanan.

·      Suasana merupakan salah satu karakteristik yang penting pada saat berlangsungnya event. Event yang diselenggarakan dengan suasana yang tepat akan menghasilkan sukses besar, tetapi sebaliknya, kegagalan event dihasilkan karena suasana yang tidak tepat.

 

Interaksi Personal

·      Interaksi Personal dari pengunjung merupakan kunci sukses penyelenggaraan event. Misalnya spontanitas membangun interaksi saat event. Misalnya, Ikut menyanyi kalau ada event konser, dll.


Jakarta, 8 Februari 2022



Sondang Sibuea, S.Kom., M.Kom.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ACARA ADAT ORANG BATAK

Jakarta, 16 April 2008. Sebelum saya mulai menulis mengenai garis besar acara adat orang batak, saya perkenalkan dulu diri saya, seperti yang sudah saya tulis dalam profil saya. Nama saya Sondang sibuea, saya lahir di Pematang siantar tepatnya tanggal 14 November 1964, (empat puluh tiga tahun yang lampau) ya udah paruh baya. Kita ngelantur dulu sedikit yaa, sebagai pemanasan, baru masuk ke pokok permasalahan. Dulu ketika saya baru lulus SMA, (Saya Lulusan SMA Negeri I Pematang siantar) tahun 1983, saya dan teman-teman mencoba test masuk perguruan tinggi negeri yang dulu namanya masih Printis I, Printis II dan Printis III, yang sekarang namanya SPMB (seleksi penerimaan Mahasiswa baru). Tetapi namanya usaha, sudah belajar mati-matian kata orang siantar, tetap aja saya masih gagal, tetapi teman-teman saya ada juga sih yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri seperti USU, ITB, IPB dll. Saya pikir dari pada saya ngangur dan malu nongkrong di kampung nyusain orang tua, lebih baik gue ikut

Catatan bersama Ibu Serefina Hutabarat, S.Sos., MPd.,M.I.Kom.

Berpikir Kreatif   Darimana Datangnya Kreativitas?  Kemampuan Dahsyat otak tidak memandang apakah anda Genius, Cerdas atau biasa-biasa saja.   Usia dan Kreativitas Gunakan waktu muda anda sebaik mungkin, mengingat kerativitas semakin menurun dengan bertambahnya usia.   Para Ahli    Otak sepakat, bahwa kreativitas yang kita miliki bersumber dari otak kanan. Pada dasarnya belahan otak sebelah kanan adalah berhubungan dengan kerja otak yang bersifat sebagai berikut : Nonverbal, Sintesis, Intuitif, Kausal dan Informal, Konkret, Holistik, Visual, Sintesis, Renggang, Responsif, Riginatif, Motorik   Keseimbangan Otak Kanan & Otak Kiri. Iq saja tidak cukup, harus ada keseimbangan dengan EQ (Emotional Quotients)   Cara Berpikir Otak Kanan & Otak Kiri. Masing-masing dari dua belahan otak bertanggungjawab atas caraberpikir yang berbeda-beda dan mengkhususkan diri pada kemampuan tertentu, walaupun penyilangan memang terjadi.   Otak Kiri: Sadar, Matematika penalaran, Bahasa, Menulis, Membac

Catatan Bersama Ibu Serefina, S.Sos., MPd., M.Ikom.

Landasan Pengembangan kedekatan konsep kretaif dengan Inovatif  Kedekatan Kreatifitas dan Inovasi Konsep   4   P 1. Pribadi 2. Press/Dorongan 3. Proses 4. Produk Pribadi Menurut  Freud, Pribadi yang kreatif adalah pribadi yang   mempunyai   mekanisme   sublimasi,   bukan   mekanisme   pertahanan , Karena  Dalam   mekanisme   petahanan   terdapat   upaya    bawah sadar untuk menghindari kesadaran   mengenai   ide-ide   yang   tidak menyenangkan .   Skema Ciri-ciri Kreatif   Pribadi yang Kreatif 1.  Kekuatan energy fisik 2.  Berpikir konvergen & divergen 3.  Disiplin 4.  Imajinasi dan fantasi 5.  Introvert & ekstrovet 6.  Rendah hati & bangga dengan Karya 7.  Melepaskan diri dari stretif, maskulin, feminim 8.  Mandiri & ambil resiko 9.  Passion 10.Terbuka   PRESS atau DORONGAN Press atau Dorongan  DI   BAGI   ATAS   2   YAITU   INTERNAL   DAN   EKSTERNAL Dorongan   Internal   : Dorongan   dari   dalam   yang   di   dorong   oleh   diri   sendiri   untuk   mencapai sesuatu