Manajemen & Pemasaran Event
Dalam manajemen sering kita kedapati Istilah POAC, Yaitu singakatan dari Planning, Organizing, Actuatingdan Controlling.
Event
Suatu kegiatan yang diselengarakan untuk memperingati hal-hal penting sepanjang hidup manusia baik secara individu atau kelompok yang terikat adata, budaya, tradisi dan agama yang diseelnggarakan untuk tujuan tertentu serta melibatkan lingkungan masyarakat yang diselenggarakan pada waktu tertentu.
Karakteristik Event
· Even memiliki karakteristik karena setiap penyelenggaraan event harus memiliki ciri tersendiri. Bagaimanapun karakteristik event hampir sama dengan pelayanan yang diberikan oleh industri pelayanan lainnya.
· Karakteristik tersebut adalah keunikan, perishability, intangibility, suasana, pelayanan, dan interaksi personal.
Keunikan.
· Kunci sukses sebuah event adalah pengembangan ide, jika organizer dapat merealisasikan ide sesuai dengan harapan, maka event yang diselenggarakan akan memiliki keunikan tersendiri. Karena inti dari penyelenggaraan event adalah harus unik dan biasanya muncul dari ide.
· Setiap event harus memiliki sesuatu yang berbeda dengan event lain.
· Event yang pernah diselenggarakan tentunya masih dapat diulangi pada kesempatan lain.
Perishability
· Setiap event yang diselenggarakan tidak akan pernah sama.
· Dua event yang sama diselenggarakan pada waktu dan tempat yang sama pastinya tidak akan menghasilakn event yang persis sama, Meskipun penetapan standar pelayanan yang digunakan sama, dilakukan oleh penyelenggara yang sama, tetapi tetap saja event yang diselenggarakan akan sangat berbeda hasilnya.
· Perishability juga berhubungan dengan penggunaanfasilitas untuk penyelenggaraan event. Misalnya fasilitas penyewaan ruang untuk kegiatan seminar pelatihan.
Intangibility
· Setelah menghadiri event, yang tertinggal di benak pengunjung adalah pengalaman yang mereka dapatkan dari penyelenggaraan event. Bagi penyelenggara hal ini merupakan tantangan untuk mngubah pelayanan. Intangible menjadi sesuatu yang berwujud, sehingga sekecil apapun wujud yang digunakan dalam event mampu mengubah persepsi pengunjung.
Suasana dan Pelayanan.
· Suasana merupakan salah satu karakteristik yang penting pada saat berlangsungnya event. Event yang diselenggarakan dengan suasana yang tepat akan menghasilkan sukses besar, tetapi sebaliknya, kegagalan event dihasilkan karena suasana yang tidak tepat.
Interaksi Personal
· Interaksi Personal dari pengunjung merupakan kunci sukses penyelenggaraan event. Misalnya spontanitas membangun interaksi saat event. Misalnya, Ikut menyanyi kalau ada event konser, dll.
Jakarta, 8 Februari 2022
Sondang Sibuea, S.Kom., M.Kom.
Komentar